Jumat, 10 Juli 2015

Mitos-mitos Kesehatan Yang Salah

Banyak mitos seputar kesehatan belum terbukti kebenarannya bila ditinjau dari sisi medis. Berikut ini mitos-mitos yang sering kita dengar:

Udang dan es jeruk = kematian
Mitos atau dugaan ini sempat booming beberapa waktu lalu. Katanya setelah mengonsumsi seafood khususnya udang, dilanjutkan minum es jeruk, bisa mengakibatkan keracunan bahkan kematian. Alhasil, kalau ada yang merasa tidak sehat setelah makan udang dan minum es jeruk, akan langsung menyalahkan panduan itu. Tapi ini hanya mitos. Para dokter telah meluruskan, jika ada yang mengalami keracunan setelah makan udang dan minum es  jeruk, ada kemungkinan udang yang dimakan tidak segar atau kurang bagus, misalnya saja mengandung arsenic. Selain itu, bisa juga karena jumlah yang terlalu banyak. Jus jeruk itu bersifat asam. Buat orang yang punya masalah pada lambung bisa mengganggu pencernaannya.

Kerokan
Kerokan mungkin menjadi solusi ampuh untuk mengusir masuk angin. Kamu percaya? Tunggu dulu lho. Para dokter spesialis mengungkapkan, ini tidak baik untuk pembuluh darah kita. Berusaha mengeluarkan angin dengan menggesekkan koin ke kulit sebenernya hanya akan membuat pembuluh darah kita pecah. Ini memudahkan virus atau bakteri masuk ke tubuh. Efek negative ini memang tidak langsung terasa. Tapi dokter tidak pernah menyarankan kerokan karena belum ada penelitian medis yang membuktikan manfaatnya.

Jus wortel untuk menyembuhkan mata minus
Ada yang masih percaya, kalau ingin minus matamu hilang rajinlah minum jus wortel. Yah, sayangnya itu tidak benar. Wortel memang mengandung vitamin A yang baik untuk sel retina. Tapi mata minus bisa juga terjadi karena sumbu bola mata memanjang, mengakibatkan sinar jatuh di depan retina. Konsumsi vitamin apapun tidak akan mengoreksi keadaan itu.

0 komentar:

Poskan Komentar