Cara untuk
monsosialisasikan koperasi kepada masyarakat menurut saya ada 2, bisa dengan
cara modern dan bisa juga dengan cara lama. Dengan cara modern bisa dengan
menggunakan media-media elektronik maupun non elektronik. Kita bisa saja
memperkenalkan koperasi dengan berbagai cara menarik perhatian masyarakat luas
dan juga kaum-kaum muda. Contohnya ialah dengan mensosialisasikan sesuatu
melalui internet, salah satunya adalah youtube. Kita bisa saja membuat iklan
atau film kecil tentang koperasi lalu kita upload ke youtube agar orang-orang
bisa melihatnya, tentu lebih mudah dan juga efisien.
Sedangkan dengan
cara lama, kita bisa mengumpulkan masyarakat, warga- warga, lalu kita beri
mereka pembinaan tentang koperasi, menjelaskan apa-apa saja itu koperasi, apa
gunanya, fungsinya untuk masyarakat luas, sehingga masyarakat jadi lebih tau
dan bisa memanfaatkan koperasi untuk memajukan perekonomian mereka, sehingga
perekonomian di daerah mereka jadi meningkat juga, otomatis tingkat
perekonomian di Indonesia lama-lama juga akan ikut meningkat sejalannya dengan
pertumbuhan ekonomi yang semakin sehat di masyarakat.
Bisa juga dengan membagikan brosur, pamflet atau semacamnya yang bisa
memperkenalkan koperasi lebih mendalam, berikan janji-janji menarik seperti
diskon setiap pembelian barang tertentu. Dalam hasil survey masyarakat
Indonesia senang dengan yang namanya janji. Berikan pelayanan yang sangat
memuasakan terhadap masyarakat.
Agar masyarakat lebih tertarik lagi pada koperasi, koperasi tersebut
sebaiknya membuat program-program baru yang menambah minat masyarakat. Selain
itu, pengurus-pengurus koperasi pun memberikan jaminan penuh kepada calon
anggota, sehingga calon anggota dapat tertarik untuk menjadi anggota dan
mengikuti kegiatan koperasi, yang membuat koperasi menjadi terlihat hidup.
Dalam mensosialisasikan koperasi, koperasi juga dapat membuat tim yang
bertugas untuk membuat program dalam hal mensosialisasikan koperasi secara
menarik, yang dapat menarik minat masyarakat dalam hal menjadi anggota atau
mempercayakan koperasi dalam hal memenuhi kebutuhan mereka. Karena menganggap
koperasi yang terbaik.
Selanjutnya dengan membuat seminar-seminar tentang koperasi. Dengan
begitu koperasi dapat menyebarluaskan koperasi dengan terbuka. Membuat koperasi
tersebut di setiap kampus-kampus. Karena tanpa disadari mahasiswa memiliki
keingin tahuan yang tinggi, mahasiswa juga memiliki ide-ide cemerlang
dalam hal menarik minat masyarakat, yang mungkin bisa diaplikasikan didunia
koperasi, dengan mengikuti seminar tersebut, mahasiswa dengan mudah dapat
menambah inspirasinya. Dan mahasiswa berpotensi penuh yang nantinya akan
meneruskan generasi sekarang. Bisa juga membuat seminar-seminar di Sekolah
Menengah Atas, Sekolah Menengah Pertama, maupun Sekolah Dasar sehingga sejak
dini mereka para gerenasi muda bangsa kita ini dapat mengenal koperasi dan bisa
tertarik untuk bergabung bersama koperasi untuk kedepannya dan membantu
kemajuan koperasi nantinya.
Memberikan seminar-seminar tentang koperasi pada masyarakat umum juga
perlu dilakukan dengan sedemikian rupa sehingga koperasi dapat
tersosialisasikan dengan merata kesemua kalangan masyarakat Indonesia. Kinerja pengurus ditingkatkan
untuk membuat seminar-seminar tersebut. Seminar itu diberikan judul yang unik,
agar masyarakat tertarik untuk berpartisipasi dalam seminar tersebut.
Dalam pembinaan
pemerintah, pendekatan untuk memberdayakan koperasi dikenal dengan pendekatan
tiga tahap, yaitu :
- Pertama, pendekatan officiaisasi. Pada pendekatan ini pemerintah lebih banyak melakukan pendekatan struktural, artinya menyusun seluruh kebijakan yang benar dibutuhkan untuk mengembangkan koperasi sesuai dengan jatidirinya. Penekanan pada pendidikan, pelatihan dan penyuluhan serta promosi membangun citra koperasi merupakan bagian yang penting pada tahap ini. Era ini juga disebut era PRAKOPERASI.
- Kedua, tahap DE-OFFICIALISASI. Pada era ini pemerintah suah mulai memberikan peluang-peluang usaha kepada koperasi. Pada era ini diperlukan keberpihakan pemerintah untuk membangun akses koperasi terhadap pasar, modal, informasi dan institusi. Akses dan peluang yang diberikan pemerintah diberikan setelah koperasi menemu kenali jatidirinya. Jadi secara bertahap, tahap satu dan tapah dua dapat dikerjakan dalam suatu proses learning by doing secara hati-hati.
- Dan tahap ketiga jika organisasi koperasi sudah benar-benar menemu kenali jatidirinya, setelah nilai-nilai dasar, etika koperasi dan prinsip koperasi tertanam dalam bangun perusahaan koperasi. Secara bertahap pemerintah mengurangi perannya dan mengupayakan koperasi yang otonom tanpa bantuan pemerintah. Koperasi sudah dapat menjadi mitra sejajar dengan bangun perusahaan lainnya
Sekian dari saya, Itulah
beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mensosialisasikan koperasi kepada
masyarakat menurut saya dan menurut pembinaan pemerintah. Saya sangat
mengharapkan agar koperasi di Indonesia dapat terus maju dan berkembang karena
koperasi adalah salah satu badan usaha yang menyediakan fasilitas untuk
masyarakat kecil dan menengah Mudah mudahan tulisan ini bisa membantu para pembaca dan bisa membantu
saya sebagai bahan penilaian untuk mata kuliah softskill saya.
Banyak manfaat yang bisa kita tarik dari pembahasan diatas,
mudah mudahan kita dapat menerapkan dalam kehidupan dengan baik. Dan saya
ucapkan terima kasih banyak kepada sumber referensi dibawah ini yg sudah
membantu saya dalam mengerjakan tugas ini.
Referensi :
·
Muslimin
Nasution
KOPERASI
MENJAWAB KONDISI EKONOMI NASIONAL, Cet. 1
Jakarta : Penerbit PIP & LPEK, Agustus 2008
ISBN : 978-979-18268-0-8
Nama : Danang Prawibowo
Kelas
: 2EB08
NPM
: 21211707
1 komentar:
Bagaimana penciptaan program-program baru oleh koperasi dapat mempengaruhi minat masyarakat, dan apa yang dijelaskan penulis tentang pentingnya membuat koperasi terlihat "hidup"?
Regard Telkom University
Posting Komentar