Selasa, 28 Januari 2014

Keindahan Pulau Moyo

Pulau Moyo adalah sebuah pulau yang terdapat 2,5 km di sebelah utara Pulau Sumbawa. Pulau ini memiliki luas 350 km persegi, ketinggian maksimum 671 meter, dan garis pantai 88 km. artinya butuh waktu yang panjang menghabiskan seluruh keindahan pulau yang luas ini.

Pulau dengan taman wisata laut buru ini dibawah pengendalian Balai Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Nusa tenggara Barat. Di Pulau Moyo terdapat 6 dusun yang berpenduduk yaitu: Dusun Labuan Aji, Dusun Brang Rea, Dusun Sibatok, Dusun Brang Kua, Dusun Stema, dan Dusun Patedong.

Sebagian besar Pulau Moyo merupakan sebuah cagar alam yang disebut taman berburu Pulau Moyo meliputi  22.537,90 ha. Cagar alam dan lokasi perburuan rakyat ini dihuni oleh kera liar ternak dan babi hutan, rusa, sapi liar dan beberapa jenis burung. Pulau ini memiliki ketinggian rata-rata 648 m, dan terdiri dari savanah dan hutan tropis. Taman laut Moyo memiliki luas 6000 hektar menduduki Pulau Selatan.


Beberapa Dive Site yang termahsyur di dunia ada di Pulau Moyo seperti Panjang Reef, Labu Aji Reef, dan lain-lain yang memiliki terumbu karang alami dan berbagi jenis ikan bahkan lumba-lumba dan hiu dapat dijumpai di perairan pesisir Pulau Moyo.

0 komentar:

Poskan Komentar