Rabu, 28 September 2011

1. Ruang Lingkup Bisnis




1.       Pengertian dan ruang lingkup bisnis
Dalam kehidupan sehari-hari kita perhatikan jutaaan orang melakukan kegiatan bisnis. Mereka ada yang berhasil mengembangkan usaha dan memperbesar nilai bisnisnya yang makin lama makin maju tetapi ada juga yang gagal. Bagi mereka yang berhasil,kegiatan bisnis makin menarik dalam kehidupan mereka.Buat Masa yang akan datang,lembaga pendidikan dengan buku teks yang didigunakan ,beserta dosen dan guru hendaknya memberikan dorongan kepada generasi mud,agar mulai mengarahkan pandangan ke profesi bisnis dan mengungkapkan serta menggali pengetahuan bisnis yang sangat menarik dan membantu mengatasi kesulitan lapangan kerja.
Pengertian Bisnis
Apa yang Dimaksud dengan Bisnis sudah banyak diungkapkan oleh berbagai ahli. Dilihat dari asal katanya Bisnis berasal dari bahasa Inggris yang berarti : Perusahaan,Urusan atau Usaha. Misalnya The Grocery Business =  Perusahaan Sayur Mayur. It’s not your business= ini bukan urusanmu. This store is going out of  business = Toko ini akan  menghentikan usahanya.
Hughes dan Kapoor menyatakan: business is the organized effort of individuals to produce and sell for a profit,the goods and services that satisfy society’s needs. The general term business refers to all such efforts within a society or within an industry.
Maksudnya bisnis ialah suatu kegiatan usaha individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.Secara garis umum,kegiatan ini ada dalam masyarakat,dan ada dalam industri. Orang yang berusaha menggunakan uang dan waktunya denggan menanggung resikodalam menjalankan kegiatan bisnis disebut entrepreneur. Untuk Menjalankan kegiatan bisnis maka entrepreneur harus mengkombinasikan enpat macam sumber yaitu : material,human,financial dan informasi.
Pandangan lain menyatakan bahwa bisnis adalah sejumlah total usaha yang meliputi pertanian,produksi,konstruksi,distribusi,transportasi,komunikasi,usaha jasa,dan pemerintahan.
Istilah Bisnis pada umumnya ditekankan pada 3 hal yaitu: usaha-usaha perorangan kecil-kecilan  dalam bidang barang dan jasa,usaha perusahaan besar seperti pabrik,transport,perusahaan surat kabar,hotel dan sebagainya.dan usaha dalam bidang struktur ekonomi suatu bangsa
Pendapat ketiga ini akan sangat luas sekali sebab mencakup usaha-usaha yang dilakukan oleh pihak pemerintah dan swsta baik yang mengejar laba ataupun tidak.
Brown dan Petrello (1976)  menyatakan bahwa “Business is an institution which produces goods and services demanded by people”.  Artinya bisnis ialah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat.



 2. Tujuan Kebijakan Bisnis
      Tujuan bisnis itu sendiri dapat dibagi atau dikelompokkan dalam dua bagian atau kelompok, yaitu sebagai berikut:
      a. Tujuan ekonomi
      Bertujuan untuk memperoleh keuntungan bisnis suatu badan usaha atau perusahaan dari hasil penjualan/penawaran barang dan jasa kepada customer atau pelanggan.
      b. Tujuan sosial
      Bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat customer atau pelanggan akan barang dan jasa.
 
      Berbeda dengan kebijakan bisnis yang bertujuan untuk mencapai stabilitas ekonomi yang dapat diukur dengan:
      a. Kesempatan kerja
      Semakin besar gairah untuk berusaha, maka akan mengakibatkan peningkatan produksi. Peningkatan produksi ini akan diikuti dengan kebutuhan tenaga kerja. Hal ini berarti akan terjadinya peningkatan kesempatan kerja dan kesejahteraan karyawan.
      Jadi semakin banyak kita berusaha meningkatkan produksi, semakin banyak pula kesempatan lapangan pekerjaan dan tentunya keuntungan akan peningkatan produksi itu sendiri.
      b. Kestabilan harga
      Apabila kestabilan harga tercapai, maka akan menimbulkan kepercayaan di masyarakat. Masyarakat percaya bahwa barang yang mereka beli dengan harga sekarang akan sama dengan harga di masa depan.
      c. Neraca pembayaran internasional
      Neraca pembayaran internasional yang seimbang menunjukkan stabilitas ekonomi di suatu negara. Agar neraca pembayaran internasional seimbang, maka pemerintah sering melakukan kebijakan-kebijakan moneter.

3. Sistem Perekonomian dan Sistem Pasar
Sistem perekonomian adalah sistem yang di gunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut.
1 Perekonomian terencana
   perekonomian terencana ada 2 yaitu komunisme dan sosialisme
   a. sistem perekonomian komonisme adalah sistem perekonomian dimana peran pemerintah sebagai pengatur seluruh sumber-sumber kegiatan perekonomian
  b. sistem perekonomian sosialisme adalah suatu sistem perekonomian  yang memberikan kebebasan yang cukup besar kepeda setiap orang untuk melaksanakan kegiatan ekonomi tetapi dengan campur tangan pemerintah
Pengertian Pasar atau Definisi Pasar adalah tempat bertemunya calon penjual dan calon pembeli barang dan jasa. Di pasar antara penjual dan pembeli akan melakukan transaksi. Transaksi adalah kesepakatan dalam kegiatan jual-beli.  Syarat terjadinya transaksi adalah ada barang yang diperjual belikan, ada pedagang, ada pembeli, ada kesepakatan harga barang, dan tidak ada paksaan dari pihak manapun

2. Perekonomian pasar
    perekonomian pasar bergantung pada kapitalis dan liberalisme untuk menciptakan suatu lingkungan dimana produsen dan konsumen bebas menjual dan membeli brang yang mereka inginkan
a.       Sistem perekonomian kapitalis adalah sistem perekonomian yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan perekonomian
b.      Sistem perekonomian liberalis adalah suatu filosofi ekonomi dan politik.

4. Kesempatan Bisnis/Usaha
Dalam dunia bisnis, setiap peluang dan kesempatan yang bisa di manfaatkan dengan baik akan menghasilkan sebuah keuntungan. Tidak hanya dari segi financial namun juga dari konektivitas yang terjalin dengan rekan bisnis. Namun untuk menciptakan peluang bisnis dibutuhkan keinginan yang kuat, serta kreativitas yang tinggi untuk kelangsungan bisnis yang akan dijalankan.
Beberapa peluang usaha atau peluang bisnis antara lain:
-           Referal/Referral
-          Afiliasi/Affiliate
-           Reseller

5. Unsur-unsur Penting dalam Aktivasi Ekonomi
Keinginan Manusia
Keinginan Manusia merupakan unsur terpenting dalam aktivitas ekonomi karena manusia memiliki keinginan yang membuat mereka dapat berpikir keras untuk memenuhi keinginannya tersebut. Seperti keinginan untuk berhasil di bidang bisnis. Manusia akan mencari cara agar pruduk yang mereka ciptakan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.
Sumber Daya
Sumber daya merupakan hal terpenting ke dua dalam aktivitas ekonomi. Karena sumber daya juga merupakan kunci dalam memperoleh kesuksesan dalam bidang ekonomi. Contohnya saja seorang yang ingin memulai usaha warnet namun, ia tidak mengerti tentang jaringan internet atau-pun komputer itu sendiri. Maka itu bias menyebabkan ketidak nyamanan para pelanggannya ketika terjadi gangguan. Maka seharusnya pemilik harus memiliki sumber daya manusia yang cukup.
Cara-cara berproduksi ( Tehniques Of Production)
Cara pembuatan barang pada umumnya berada di luar bidang ekonomi, tetapi persoalan barang-barang dan atau jasa-jasa apa yang harus di produksi, berapa banyak barang atau jasa yang harus diproduksi dan cara-cara mana yang di gunakan untuk memproduksi barang dan jasa tersebut sehingga mencapai pembiayaan yang minimal dan hal tersebut adalah termasuk bidang ekonomi dan merupakan pesoalan-persoalan yang harus diperhatikan oleh ahli-ahli ekonomi.

6. Hakikat bisnis
Seorang bisnisman atau wirausahawan akan melihat kebutuhan masyarakat lingkungannya.Upaya ini merupakan proses mengidentifikasipotensi bsnis, bahkan dalam hal ini biasanya diikuti dengan perkiraan atau antisipasi atas pertumbuhan potensi pasar tersebut di masa datang. Disamping itu juga akan memperhitungkan adanya persaingan yang timbul dari pengusaha lain yang juga bergerak dalam melayani kebutuhan pasar yang sejenis. Disisi lain pengusaha haruslah memikirkan tersedianya sumber daya serta sumber dana besrta dengan cara yang sebaik-baiknya guna melayani kebutuhan pasar tersebut dengan memproduksikan dan menyajikan barang dan jasa yang dihasilkan itu kepada masyarakat, kelebihan hasil di ongkosnya itulah yang merupakan laba atau keuntungan

7. Mengapa belajar bisnis
Karna bisnis sangatlah penting dalam kehidupan kita sehari hari, terutama jika anda berbisnis pada bidang yang Anda tekuni atau bidang keahlian Anda. Selain itu bisnis sangatlah bermanfaat untuk saya sendiri karna saat ini saya kuliah pada jurusan ekonomi, yg nanti untuk kedepannya mudah mudahan bisa bersaing dalam dunia pekerjaan.

SUMBER :
·         http://id.wikipedia.org/wiki/bisnis
·         http://wikipedia.org/wiki/sistem_perekonomian
·         pengantar bisnis oleh M.Fuad, DKK http://books.google.co.id

0 komentar:

Poskan Komentar